Kamis, 18 Oktober 2012

 

Pramuka

hay... selain aku adalah penggemar setianya JB aku juga adalah salah satu anggota pramuka di SMA NEGERI 1 MARISA

Aku sudah banyak melewati tantangan-tantangan dengan berani dan menurutku kegiatan PRAMUKA merupakan sebenarnya kependekan dari PRAja MUda KArana yang secara harfiah bisa diartikan sebagai rakyat muda yang berkarya. Dalam organisasi Pramukan tentu saja ada berbagai sistem dan aturan yang berlaku. Untuk lebih jelasnya liat sendiri ja di AD/ART dan peraturan-peraturan tentang kepramukaan.

Lain dulu lain sekarang. Mungkin itu ungkapan yang tepat untuk gerakan kepanduan ini. Dulu, gerakan ini bisa dianggap berhasil dalam membentuk watak para generasi muda melalui pendidikan kepanduan yang ada, dari tingkat Siaga hingga pandega. Tak heran, banyak orang yang aktif di organisasi ini pada akhirnya menjadi orang yang berhasil. Mengapa? Hal ini karena pramuka mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai kehidupan (dalam artian bagaimana kita bisa hidup di masyarakat dan bagaimana kita harus bertingkah laku di dalam masyarakat) yang tidak diterima di jalur pendidikan formal (sekolah).

Sehingga tak diragukan lagi bahwa orang-orang yang aktif di dalam gerakan kepanduan ini memiliki social intelligence yang bagus. Hasilnya, mereka bisa berhasil dalam pergaulan di masyarakat.

Ditinjau dari kepengurusan Dewan Kerja, beberapa atau mungkin banyak anggota dewan kerja, baik dari tingkat nasional bahkan sampai tingkat gugus depan, yang tidak mengetahui fungsi dan tugas dewan kerja. Tak heran jika kita menemukan anggota dewan kerja yang tidak memenuhi persyaratan. (mungkin itu salah satu penyebab rubahnya pendapat kebanyakan orang). 

itu pendapatku ''

kalau pendapatmu bagaimana ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar